Savana BromoSavana Bromo merupakan hamparan padang rumput hijau yang luas jika mata memandang mulai dari lembah hingga perbukitan di area sekitar Gunung Bromo. Ini adalah kekayaan alam gunung Bromo selain pemandangan gunung dan sunrisenya, Savana Bromo menyajikan sisi lain Bromo yang indah dan eksotis, serta instagramable banget!

Savana Bromo ini tepatnya berada pada sebelah tenggara dari lokasi kawah Bromo, tepatnya di Kaldera Bromo bagian selatan. searah dengan jalur dan rute menuju Bromo dari Malang dan Lumajang Jawa Timur. Savana adalah tipe ekosistem di dataran rendah, atau dataran tinggi, biasanya terdiri terdiri dari beberapa pohon yang tersebar tidak merata dan bawahnya didominasi oleh rumput-rumputan.

Savana satu ini wajib sekali untuk Anda kunjungi bersama keluarga atau sahabat tercinta. Karena menawarkan keindahan asri dan sejuk dengan hamparan warna hijau asri alami. Namun untuk melihat keindahannya mempunyai waktu tertentu salah satunya pada waktu pagi hari atau sore hari.

Sudah banyak orang mengunjungi objek wisata dekat Bromo ini, mulai dari domestik hingga turis internasional. Sebelumnya, memang lokasi padang rumput savana ini tidak begitu populer bagi masyarakat. Namun dengan seiringnya waktu lokasi ini semakin banyak diminati para wisatawan.

Dulu, secara umum memang wisatawan kebanyakan mengunjungi puncak Bromo untuk melihat matahari terbit dan kawah Gunung Bromo, namun sekarang ini jika tidak datang ke padang savana akan terasa kurang lengkap. Apalagi savana ini berwarna hijau nan indah cocok banget untuk dijadikan spot foto yang instagramable.

paket sewa jeep wisata gunung bromo

Lokasi Padang Savana Bromo

Kawasan wisata padang savana Bromo sendiri memang satu area dengan Gunung Bromo dekat dengan Bukit Teletubbies. Lokasi dari destinasi ini tepat sebelah selatan Gunung Bromo atau lebih tepatnya di Bukit Jemplang. Wilayah Bromo yang masuk daerah Kabupaten Malang.

Dulu nama padang savana adalah Lembah Jemplang kemudian lokasi wisata ini sering disebut dengan padang Savana Bromo. Lokasinya mudah dijangkau dari Gunung Bromo menyediakan tempat tersebut baik untuk refreshing otak.

Pada padang savana ini memiliki suasana tenang dan sejuk karena pepohonan hijau dengan hembusan angin. Siapapun datang ke kawasan ini mungkin akan kagum dengan keindahan asri alaminya.

Padang Savana ini akan memberikan rasa rileks dan nyaman bagi Anda khususnya bagi yang butuh healing, cocok sekali mengunjungi lokasi wisata indah satu ini. Karena keindahan dan hembusan angin kencangnya ampuh membuat perasaan menjadi lebih segar dan tenang kembali.

Rute Padang Savana Bromo

Ingin berlibur dan meluangkan waktu seharian bersama keluarga di Savana Bromo? Jika iya ketahuilah rute mudah dan cepatnya ya, agar tidak bingung ketika ingin mengunjungi kesana. Bagi yang datang dari arah Kota Malang, pergilah menuju Tumpang.

Dari kawasan Tumpang, langsung arahkan kendaraan ke Jemplang, setelah itu hanya perlu melakukan pendakian hingga menuju padang savana. Jika bagi Anda berasal dari kawasan Probolinggo, bisa langsung datang ke arah desa Cemoro Lawang.

Dari desa ini, ada banyak penginapan biasa untuk memanfaatkan beristirahat. Namun ingin melakukan pendakian, dari Cemoro Lawang langsung saja pergi ke arah padang savana.

Hanya perlu pergi ke jalur timur dan nanti akan melewati sebuah lautan bernama Pasir Berbisik. Tapi jika sudah capek dan lelah, bisa coba menggunakan tenaga persewaan sepeda motor atau mobil jeep telah tersedia di tempat ini.

Untuk mencapai lokasi ini paling nyaman dan aman adalah menggunakan jeep Bromo. Untuk menuju ke sini lahru melewati tanjakan dan turunan curam, ditambah pasir halus yang licin.

Aktivitas Wisata Padang Savana Bromo

Memang untuk bisa sampai ke Padang Savana Bromo membutuhkan banyak waktu dan tenaga kuat. Namun, usaha tersebut tidak akan sia-sia karena ketika sampai ke obyek ini akan langsung dimanjakan oleh pemandangan indah dan eksotis.

Selain pemandangan indah, ada juga yang lebih menarik dan seru bisa dicoba salah satunya aktivitas tempat wisata ini. Nah, berikut beberapa aktivitas dan kegiatan seru menarik padang savana.

1. Hunting Foto

Padang Savana bisa menjadi sebuah tempat untuk hunting foto dengan pemandangan alamnya masih alami. Banyak sekali fotografer profesional memburu spot terbaik dan eksotis di kawasan sekitar sini. Kerapkali lokasi ini juga dipakai sebagai lokasi pemotretan foto Pre Wedding.

2. Healing

Meskipun di obyek wisata ini dilarang mendirikan tenda atau camping. Tapi wisatawan hanya bisa menikmati untuk peristirahatan sejenak saja. Walaupun begitu, istirahat sejenak di tempat ini akan membuat pikiran stress menjadi hilang, fresh kembali. Karena kesejukan dan keindahannya mampu menghilangkan rasa suntuk.

Biaya Masuk Savana Bromo

Memasuki kawasan Gunung Bromo semua wisatawan tentu harus dikenakan biaya tiket masuk salah satunya Savana Bromo. Tiket yang dibeli dari pintu masuk Kota Malang, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang sudah mencakup keseluruhan spot wisata terdapat pada Bromo yakni, Bukit Cinta, Bukit Kadalu atau Bukit Kingkong, Mentigen, Lautan Pasir, dan Savana serta Bukit Teletubies jadi tidak membutuhkan tiket per lokasi wisata Bromo lagi.

Untuk harga tiketnya pun berbeda, bagi wisatawan domestik Rp 29.000, wisatawan mancanegara Rp 220.000 harga tersebut khusus pada hari biasa atau weekday.

Sementara untuk weekend wisatawan domestik akan terkena biaya tiket masuknya sebesar Rp 34.000 serta wisatawan mancanegara Rp 320.000 Semua harga tersebut sudah termasuk asuransi jiwa, asuransi per sekali masuk, dan tiket per hari.

Tips Dan Trik Savana Bromo

Bagi yang ingin sekali berwisata ke Savana Bromo, agar liburan lebih lancar dan tidak ada kendala, bisa menerapkan beberapa tips dan trik dibawah ini. Pastikan melakukan dan menerapkan tips trik tersebut agar liburan Anda dan semakin nyaman.

  • Bawa cukup perbekalan terutama air minum 
  • Gunakan sepatu atau sandal untuk melakukan treking 
  • Pastikan datang disaat musim kemarau agar trekking lebih aman dan mudah 
  • Bawa plastik sendiri untuk membuang sampah 
  • Gunakan baju dan jaket hangat karena udara sekitar obyek wisata dingin

Waktu Terbaik Berkunjung Ke Savana Bromo

Savana ini ada baiknya dikunjungi saat musim hujan karena rerumputan mulai tumbuh dan berbunga. Savana ini identik dengan pemandangan hijau dan alami. Maka tak heran jika banyak pengunjung berdatangan pada waktu musim hujan. Ketika mengunjungi pada waktu musim kemarau rumputnya menguning dan memberi pengalaman yang berbeda

Meskipun waktu terbaik ketika musim hujan, pastikan juga untuk membawa dan menyiapkan kebutuhan secara lengkap. Hal ini agar nanti mengantisipasi kendala dan hal-hal yang tidak diinginkan. Cek secara detail kendaraan agar tidak bermasalah di jalanan.

Selain kendaraan jangan lupa juga membawa obat-obatan atau makanan serta minuman yang cukup agar tidak lapar di jalanan. Informasi dari lokasi, biaya tiket masuk, tips trik, rute, serta aktivitas bisa dilakukan disini, sudah diungkap melalui artikel ini.

Hal itu bisa jadi referensi untuk ingin berkunjung kesana sebelum mengunjunginya. Liburan akan lebih indah dan nikmat apalagi jika bersama keluarga atau teman tercinta.

Ketika mengunjungi wisata tersebut, jangan lupa juga untuk menyiapkan beberapa keperluan secara lengkap seperti sepatu untuk melakukan trekking.

Harga tiket untuk wisata ini juga terjangkau dan murah, menariknya lagi setiap spot foto dari savana Bromo juga akan memberikan hasil lebih instagramable dan keren.