Bukit Mantigen Bromo

Sunrise spot Bukit Mentigen yang ada di Bromo merupakan salah satu spot terfavorit yang bisa jadi pilihan. Spot ini tersebut menyajikan pemandangan indah matahari pagi atau malam hari. Jika Anda suka dengan sunrise dan sedang berkunjung Gunung Bromo, maka wajib datang ke Bukit Mentigen. Ataupun saat Anda memburu Milkyway, wajib datang ke spot ini.

 Bukit ini memberikan spot menarik untuk menikmati sunrise yang paling menarik, karena untuk naik ke bukit ini tidak mengharuskan Anda untuk menyewa jeep terlebih dahulu untuk mendatangi spot ini. Ada banyak orang yang memburu keindahan alam ini. 

Datang ke Gunung Bromo tentunya untuk menikmati pemandangan keindahan di sana. Salah satunya adalah matahari terbit yang terpancar indah dari Bukit Mentigen. Dari atas bukit, Anda bisa melihat pemandangan indah Gunung Semeru, Gunung Bromo, Gunung Batok dan awan membentang.

paket sewa jeep wisata gunung bromo

Sunrise Spot Bukit Mentigen di Gunung Bromo

Gunung Bromo sendiri memiliki beberapa titik spot yang tentunya memancarkan keindahan sehingga menjadi daya tarik sendiri. Biasanya para pendaki naik ke Puncak Penanjakan 2 di Probolinggo, dan berbagai titik di Pasuruan seperti Bukit Cinta dan Pos Dingklik. 

Bukit Mentigen juga bisa dijadikan alternatif untuk mendapatkan keindahan dari sunrise yang paling menarik di Bromo. Jika ingin menikmati Sunrise spot Bukit Mentigen, Anda tidak diharuskan menaiki jeep terlebih dahulu. 

Dari atas bukit Anda bisa menikmati berbagai pemandangan indah yang menyegarkan mata. Ketika Anda berkunjung ke Gunung Bromo ada baiknya untuk menyempatkan sekali untuk datang berkunjung ke sana. Jika tidak ingin ketinggalan pemandangan indah Sunrise di Bukit Mentigen maka Anda harus mendaki sejak pagi gelap.

Keindahan Sunrise Spot Bukit Mentigen

Bukit Mentigen merupakan satu dari banyaknya titik yang ada di Cemoro Lawang, Ngadisari, Probolinggo. Lokasi dari bukit ini juga tergolong dekat dari pintu masuk Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru di Cemoro Lawang. Sunrise Spot Bukit Mentigen bisa ditempuh dengan dua cara. 

Jika Anda ingin jalan kaki atau trekking maka jaraknya kurang lebih 1 km dari gapura selamat datang di obyek wisata Seruni Point, atau sekitar 15 menit jika berkendara menggunakan motor. Menikmati pemandangan matahari terbit di bukit ini merupakan termasuk yang paling sempurna. Karena adanya hamparan awan di kaldera Gunung Bromo dapat terlihat lagi jika langit cukup cerah. 

Untuk sampai ke Bukit Mentigen ini, Anda akan menempuh perjalanan yang relatif ringan. Agar tidak ketinggalan sunrise, Anda bisa berangkat dari penginapan di Cemoro Lawang berangkat jam 04.30 WIB, bisa diawali dengan naik kendaraan bermotor. Ketinggian bukit ini juga tidak setinggi Bukit Penanjakan 1 dan 2, meski begitu pemandangan yang diperlihatkan luar biasa. 

Anda bisa menikmati pemandangan dari Gunung Bromo dan batok yang terlihat sejajar dengan pengamatan matahari terbit. Namun jika Anda ingin mengawalinya dengan berjalan kaki, maka bisa berangkat lebih awal. Langit sudah terlihat merona sejalan jam 05.00 WIB. Jika telat sedikit saja maka pemandangan indah tidak bisa Anda dapatkan. 

Titik pengamatan dari bukit ini terbilang cukup aman. Titik pengamatanya hanya berupa jalan setapak kecil yang kanan kirinya di tumbuhi pohon pakis dan cantigi yang tidak tinggi. Disana juga ada pelataran yang luas bisa digunakan untuk parkir mobil. 

Selanjutnya Anda bisa jalan kaki atau naik ojek yang ada di sekitar bukit. Bukit ini masih merupakan salah satu area di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Untuk masuk Anda bisa membayar tiket masuk Bromo, Rp 29.000 untuk hari kerja dan Rp 34.000 untuk hari libur.

Berbagai Keunikan di Sunrise Spot Bukit Mentigen Bromo

Bukit Mentigen berada di ketinggian 2.300 mdpl, yang berada di area Gunung Penanjakan memiliki akses paling dekat dengan rest area Ngadisari. Lokasi ini sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun hanya sedikit yang tahu. Kini sudah ada banyak sekali orang yang mendatangi spot ini, untuk mencari keindahan sunrise. 

Jika ingin memperoleh jepretan dan gambar indah, para pelancong tidak perlu menyewa Jeep Bromo. Menikmati pemandangan sunrise Bromo, camping, hunting foto, milky way, dan foto preweding bisa dilakukan di Bukit Mentigen ini.

Cukup dengan melakukan treking selama 15 menit saja dari rest area Ngadisari. Tidak ada tiket masuk, ada area parkir kendaraan, ada juga berbagai pilihan lokasi camping ground. Di sana Anda juga bisa memilih oleh-oleh syal, sarung tangan, kupluk di Ngadisari. Selain itu, Anda juga tempat penyewaan tikar, selimut, dan jaket di Ngadisari.

Spot Hunting Milky Way Bukit Mentigen

Sunrise memang salah satu keindahan alam yang tidak bisa dibantah keindahanya. Bukit Mentigen merupakan salah satu tempat alternatif yang bisa Anda gunakan untuk menikmati keindahan sunrise Bromo.Selain itu, bukit ini juga merupakan lokasi terbaik untuk camping sekaligus menikmati pesona keindahan Gunung Bromo.

Lokasi ini juga menjadi salah satu spot yang cocok untuk melihat keindahan Bromo Milky Way. Lokasi ini juga merupakan salah satu yang terbagus untuk para milky way photography.

Spot Camping Bukit Mentigen

Selain ada sunrise spot Bukit Mentigen, di bukit tersebut Anda bisa melakukan camping. Spot sunrise Bromo lainya ada di Kabupaten Probolinggo adalah Seruni Point atau juga sering disebut dengan Penanjakan 2. Selain itu, ada juga yang menyebutnya dengan Bukit Cinta, Bukit Kingkong, Pos Tingklik, dan Penanjakan 1 yang berbeda di wilayah Kabupaten Pasuruan.

Di sana ada banyak penyedia layanan antar jemput dengan menggunakan motor atau ojek. Rata-rata memberikan penawaran dengan harga Rp 50.000 untuk antar jemput, setengahnya untuk satu kali perjalanan.

Lokasi Bukit Mentigen

Untuk melakukan Bromo Camp Program, camping di wilayah Gunung Bromo, sudah diizinkan. Awalnya lokas Bukit Mentigen ini merupakan area yang resmi dijadikan untuk tenda camping. Hal ini sudah diresmikan langsung oleh pengelola balai besar Bromo Tengger Semeru. Pada Kawasan Bromog tidak semua lokasi di sana diperbolehkan untuk mendirikan tenda camping. Hanya Bukit Cinta, Bukit Kingkong, Bukit Mentigen, dan Seruni Point saja yang diresmikan untuk mendirikan tenda bagi para wisatawan.

Sedangkan untuk lokasi lainnya, seperti puncak Penanjakan 1, Padang Savana, dan Bukit Teletubbies Bromo dilarang untuk mendirikan tenda. Larangan tersebut tentunya digunakan untuk kenyamanan bagi para pengunjung.

Ada banyak pengunjung yang datang untuk menikmati pemandangan di sana. Karena itu, jika ada banyak tenda maka akan mengganggu pengunjung menikmati keindahan alam di sana.Selain itu, ada alasan lain mengapa tempat ini dilarang. Seperti tidak ada area atau areanya terlalu curam untuk didirikan tenda. 

Sunrise spot Bukit Mentigen merupakan salah satu yang terbaik untuk menikmati pemandangan indah di Bromo.

Jika Anda ingin mengadakan foto prewedding juga bisa datang ke tempat ini. Sebab ada banyak sekali, orang yang memanfaatkanya untuk melakukan foto prewedding.

 Sunrise spot Bukit Mentigen ini menyimpan banyak keindahan alam, Anda bisa datang untuk melihat betapa indahnya pemandangan dari atas Bukit Mentigen ini. Datang ke Bromo, jika tidak berkunjung ke tempat ini maka percuma saja. Karena itu jangan lewatkan keindahan dari bukit ini.