sunrise spot pananjakan 1 bromo menyajikan view yang tak terlupakan

Menikmati keindahan sunrise di Bromo adalah daftar pertama saat mengunjungi Bromo. Apalagi sunrise di Bromo, salah satu hal wajib Anda lakukan saat berkunjung ke Gunung Bromo. Salah satunya lokasinya adalah sunrise point Pananjakan 1 yang terletak di Gunung Bromo.

Destinasi wisata ini tidak hanya terkenal di kalangan wisatawan lokal saja. Akan tetapi juga para wisatawan mancanegara.Keindahan sunrise yang destinasi wisata ini tawarkan memang sudah tak bisa diragukan lagi. Saking indahnya, para wisatawan rela berlama-lama berkunjung ke Pananjakan 1 ini.

Sunrise Point Pananjakan 1 Jadi Destinasi Wisata Gunung Bromo yang Paling Hits

Menjadi destinasi wisata yang tepat untuk menikmati sunrise, Pananjakan 1 ini berada pada ketinggian 2.329 mdpl. Merupakan puncak tertinggi, sehingga kamu bisa melihat gugusan gunung-gunung yang ada pada sekitar area Gunung Bromo. 

Bukan hanya itu saja, para wisatawan juga dapat menikmati kaldera serta lautan pasir yang begitu menawan. Keindahan alamanya ini sering kali wisatawan sebut sebagai Sea of Sand yang terletak antara tiga gunung. 

Dalam satu frame, Gunung Semeru, Kawah Bromo, dan Gunung Batok tampil indah diantara lautan pasir, dan disirami hangatnya sinar matahari. Indah betul sunrise di bromo ini. Untuk menikmati sunrise terbaik, kamu bisa berkunjung saat langit sedang cerah-cerahnya.

 Sebelum memutuskan untuk berkunjung ke destinasi wisata ini, ada baiknya kamu mengetahui informasinya terlebih dahulu. Maka dari itulah, mari simak pemaparan selengkapnya berikut ini.

paket sewa jeep wisata gunung bromo



Lokasi Pananjakan 1

Sunrise point Pananjakan 1 ini terletak di sebelah barat, lebih tepatnya berada di Desa Wonokitri Bromo, Pasuruan, Jawa Timur. 

Pananjakan 1 ini memiliki letak yang strategis dengan suasana alam yang mempesona. Tak heran bila destinasi wisata ini menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan yang berkunjung ke Gunung Bromo. 

Pananjakan 1 ini adalah titik tertinggi untuk menikmati sunrise bromo daripada sunrise point lain. Sehingga pemandangannya lebih luas. Dari parkiran jeep bromo, kita masih harus sedikit hiking menapaki jalan untuk menuju pananjakan 1 ini. Dengan bergerak, badan akan sedikit hangat saat menuju sunrise point ini.

Waktu Menikmati Sunrise

Untuk menikmati sunrise di Pananjakan kita harus memperhitungkan waktu yang cukup. Sebaiknya kita sudah di Wonokitri atau daerah sekitarnya sektar pukul 03.20 WIB atau paling lambat pada pukul 03.30 WIB. Pada bulan April dan bulan-bulan di dekatnya, sunrise akan terbit pada pukul 05.00 WIB. 

Tapi anda bisa sesuaikan dengan tanggal keberangkatan, google punya informasi waktu sunrise. Lengkap dengan jam dan menitnya. Satu lagi, tanya ke driver jeep wisata Bromo. Mereka juga punya patokan waktu berdasarkan bulan, apalagi mereka mayoritas juga tinggal di Bromo. 

Driver jeep wisata Bromo sudah mempunyai standar patokan untuk menjemput dari hotel atau lokasi meeting point. Untuk yang menginap di Probolinggo dan Pasuruan, tamu biasanya maksimal dijemput pukul 03.00 WIB. 

Untuk lokasi terjauh, seperti Batu. Kita akan dijemput pada pukul 23.00-00.00 WIB. untuk menyaksikan sunrise Bromo. Sedangkan tamu Bromo yang di Malang akan dijemput pada pukul 00.00-01.00 WIB 

Sempatkan tidur sejenak sebelum melihat sunrise di Bromo, agar kondisi kita fit saat menghadapi dinginnya dini hari Bromo.

Harga Tiket Masuk

Pananjakan 1 tidak hanya menyuguhkan pemandangan matahari terbit yang memanjakan mata saja. Akan tetapi juga menjadi destinasi wisata yang ramah wisatawan.

 Bagaimana tidak, untuk berkunjung ke Pananjakan 1 ini para wisatawan tidak dikenai tiket masuk. Dengan kata lain, tiket masuk tidak ada alias gratis. Namun, kamu tetap membayar uang parkir, untuk parkir kendaraan bermotor hanya sebesar Rp 10.000 saja. 

Namun, lahan parkir yang tersedia luasnya terbatas. Supaya kamu mendapatkan tempat parkir yang nyaman, bisa datang lebih awal. 

Mengingat medan jalannya yang menanjak, untuk sampai ke Pananjakan 1 ini paling mudah menggunakan kendaraan roda dua. Namun, bila Anda tidak sedang mengendarainya, bisa ojek motor dengan membayar uang sewa Rp 10.000 saja.

Rute Menuju Pananjakan 1

Supaya sampai ke sunrise point Pananjakan 1 ini, kamu bisa melewati tiga rute. Informasi mengenai rute menuju Pananjakan 1 ini sebagai berikut. 

Rute 1: Pintu Masuk Bromo Dari Tumpang Malang

Rute pertama yakni melalui pintu masuk Bromo dari Tumpang Malang. Rute ini merupakan rute yang paling dekat dengan Pananjakan 1.

Bila kamu akses dari kota Malang, kurang lebih hanya membutuhkan dua jam perjalanan. Mulai dari Malang, kemudian melalui Tumpang, setelah itu Ngadas, lanjut ke Lautan Pasir, dan sampailah kamu ke puncak Pananjakan 1.

Hati-hati karena medannya berliku dan banyak mempunyai tanjakan dan turunan curam. Demi keamanan para wisatawan, Balai Besar Taman Nasional Bromo memutuskan untuk memasang spanduk sepanjang jalan tersebut.

Spanduk tersebut berisi himbauan kepada pengendara motor untuk tidak menggunakan motor matic saat melewati jalur tersebut. Pasalnya, melihat dari medan jalannya yang cukup ekstrim, berbahaya jika menggunakan motor matic. 

Rute 2: Pintu Masuk Dari Probolinggo.

Rute lainnya yang dapat kamu lewati untuk sampai ke sunrise point Pananjakan 1 ini adalah pintu masuk dari Probolinggo. Rute ini terbilang lebih aman dan sering digunakan oleh para wisatawan.

Selain bisa menggunakan kendaraan pribadi, kamu juga bisa memanfaatkan kendaraan umum. Rute perjalanan bisa kamu mulai dari Probolinggo, kemudian melalui Cemoro Lawang Sukapura, setelah itu Lautan Pasir, sampailah ke Puncak Pananjakan 1.

Saat kamu melewati rute ini, kamu akan melihat banyak homestay dan penginapan sepanjang jalan. Selain itu, juga ada banyak warung makan yang menyediakan berbagai hidangan khas Bromo. Bila kamu lelah selama perjalanan bisa istirahat sejenak sebelum melanjutkannya. 

Rute 3: Pintu Masuk Bromo Dari Wonokitri Pasuruan

Pintu masuk Bromo dari Wonokitri Pasuruan ini bisa menjadi rute selanjutnya. Akan tetapi, rute ini tidak sepopuler rute Probolinggo. Mulai dari Pasuruan kemudian melalui Tosari dan Purwodadi, setelah itu sampailah ke Pananjakan 1.

Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi hingga sampai ke rest area Wonokitri. Kemudian, untuk melanjutkan perjalanan bisa menggunakan sewa jeep dari Wonokitri Bromo.

Pasalnya, terdapat peraturan dari TNBTS Bromo yang mengharuskan hanya jenis mobil jeep saja yang boleh memasuki kawasan Bromo. Maka dari itulah, kamu wajib menggunakan jasa sewa jeep Bromo untuk sampai ke sunrise point Pananjakan 1. 

Bukan tanpa alasan, keharusan melakukan sewa jeep ini untuk menjamin keselamatan para wisatawan. Jarak antara Wonokitri dengan Pananjakan 1 juga tidak terlalu jauh, kurang lebih hanya 12 km.

Fasilitas di Pananjakan 1

Untuk memberikan kenyamanan terbaik bagi para wisatawan, pihak pengelola sudah menyediakan sejumlah fasilitas yang cukup lengkap. Misalnya saja seperti musala, warung makan, toko souvenir, kamar mandi, toilet, dan fasilitas lainnya. 

Musala ini bisa kamu gunakan secara gratis. Sedangkan untuk kamar mandi atau toilet, harus membayar sewa sebesar Rp 5.000. Warung makan yang ada di Pananjakan 1 ini menyediakan berbagai makanan ringan dan kedai kopi atau teh hangat.

 Sementara itu, kamu juga bisa membeli beragam cinderamata dan oleh-oleh seperti syal, sarung tangan, kupluk dan lainnya di toko souvenir. Selain itu, juga ada tempat penyewaan, kamu bisa sewa jaket, selimut, atau tikar bila lupa membawa dari rumah.

Aktivitas Seru di Pananjakan 1

Tidak hanya menikmati indahnya matahari terbit saja, kamu juga bisa melakukan kegiatan seru lainnya saat berada di sunrise point Pananjakan 1 ini. 

Kira-kira apa saja kegiatan seru tersebut? Dari pada semakin penasaran, berikut ini adalah ulasan selengkapnya: 

  1.  Menyaksikan Pemandangan dari Atas Bukit Perkampungan Suku Tengger Saat kamu berada di puncak Pananjakan 1, kamu bisa melihat pesona alam dari sisi timur. Kamu akan mendapati Desa Sukapura, yakni perkampungan asli dari Suku Tengger. 
  2. Hunting Foto dengan Pose Kocak dan Gila Jangan salah, Pananjakan 1 ini memiliki berbagai spot foto yang Instagramable untuk melakukan pose kocak dan gila. Misalnya saja, jika kamu menemukan sebuah pohon bisa memanjatnya dan berpose dengan memeluk pohon tersebut. 
  3. Menikmati Indahnya Negeri di Atas Awan Saat pagi hari sekitar pukul 7 pagi, puncak Pananjakan 1 ini akan diselimuti awan putih tebal. Susana ini seolah-olah kamu benar-benar berada di atas awan. 

Sunrise point Pananjakan 1 ini memang menjadi destinasi wisata yang tak boleh kamu lupakan. Jika berkunjung ke destinasi wisata ini, jangan lupa untuk ajak teman atau keluarga tercinta. Waktu terbaik untuk berkunjung yakni sekitar pukul 03.00-04.00 pagi. 

Sehingga, kamu bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit terbaik dan tidak terlalu terburu-buru untuk sampai ke destinasi wisata tersebut.