jeep wisata untuk spot sunrise bromo

Jeep wisata Gunung Bromo menjadi satu-satunya kendaraan wajib yang diizinkan masuk ke beberapa kawasan wisata di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru untuk berburu spot sunrise dan spot foto di Gunung Bromo. Hal ini bukan tanpa alasan. Saat memutuskan melakukan jelajah Gunung Bromo, Anda akan berhadapan dengan medan Bromo yang sulit, terjal, berpasir, bahkan tanjakan tebing-tebing terjal.

Semua rute jalan tersebut tentu akan menyulitkan dan membahayakan. Apalagi jika Anda berkunjung saat musim penghujan. Selain kendaraan yang mumpuni juga dipelukan driver yang andal dan mengenal kawasan Bromo. Bagi wisatawan hanya disarankan menggunakan kendaraan pribadi hanya sampai batas akhir di hotel tempat mereka menginap, atau di pos pintu masuk TNBTS dari masing-masing jalur pintu masuk Bromo.

Jeep wisata bromo adalah kendaraan yang diperbolehkan menuju ke spot sunrise Bromo dan spot panorama Bromo yang berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru .

Jeep wisata Bromo adalah jeep berpenggerak empat roda. Rata-rata jeep wisata Bromo menggunakan Toyota Land Cuiser FJ40. Selain tangguh jeep wisata Bromo ini juga ikonik, sehingga cocok untuk dijadikan properti foto di kawasan wisata Bromo. Berfoto dengan jeep wisata Bromo adalah salah satu hal wajib yang dilakukan di Bromo.

paket sewa jeep wisata gunung bromo

Jeep Wisata Gunung Bromo Menuju Spot Sunrise dan Spot Panorama Kawah Tengger

Sudah banyak yang mengakui bahwa keindahan Gunung Bromo tiada duanya. Meski dikategorikan sebagai gunung aktif, namun kawasan Gunung Bromo masih aman untuk dikunjungi. Selain itu, Bromo memiliki kontur yang lebih unik dibandingkan gunung-gunung lain yang ada di Indonesia.

Sebagai destinasi wisata gunung favorit di Jawa Timur, Bromo selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap akhir pekan dan hari biasa. Keunikan Bromo terletak pada ketinggiannya yang tidak terlalu tinggi dengan hamparan luas di sekelilingnya berupa pasir. Jika berminat mengunjungi Gunung Bromo, perjalanan Anda lebih terasa mengasyikkan dengan menaiki jeep wisata Gunung Bromo. Berbagai spot foto, spot sunrise, dan tempat unik lain akan memberikan pengalaman tersendiri di hati para pengunjungnya. Beberapa spot foto di Gunung Bromo yang direkomendasikan untuk Anda adalah:

sunrise gunung bromo
Bromo dan Semeru Gunung Bromo dan Gunung Semeru dalam satu frame saat dilihat dari sunrise point

1# Spot Penanjakan View Sunrise Gunung Bromo

Sebagai titik tertinggi dari Gunung Bromo, Penanjakan Point 2.770 mdpl merupakan salah satu latar yang asyik dimanfaatkan untuk menyaksikan sunrise. Dikenal sebagai The Famous of Sunrise, spot inilah yang paling populer dan terkenal untuk mengeksplor sunrise di kalangan pecinta sunrise. Titik ini juga dikenal sebagai Penanjakan 1.

Umumnya, hasil jepretan kamera panorama pagi Bromo berlatar gunung-gunung eksotis yang berada di sekitarnya. Seperti Bromo dan Semeru. Hingga kini, dokumentasi Gunung Bromo yang banyak dipublikasikan diyakini berasal dari spot Penanjakan 1 ini. Fasilitas di lokasi Penanjakan 1 terbilang cukup lengkap meliputi toilet, toko souvenir, kedai yang menyediakan kopi, teh hangat atau mie instan panas, mushola, ojek motor, dan tempat persewaan jaket, selimut, dan tikar.

Adapun rute menuju Penanjakan 1 Bromo dapat ditempuh melalui 3 jalur yakni Pasuruan, Tosari, Purwodadu, dan dari arah Lautan Pasir Bromo. Akses menuju lokasi Penanjakan 1 Bromo cukup terjal, licin, serta berpasir. Oleh karena itu, disarankan pengunjung menggunakan kendaraan jeep wisata yang disediakan oleh masyarakat Gunung Bromo.

Penanjakan 2 ( The Great Wall of Seruni Point)

Kawasan The Great Wall of Seruni juga dikenal sebagai Penanjakan 2. Seruni Point berada di ketinggian 2.400 mdpl, dan dibangun untuk memenuhi keterbatasan dan daya dukung dari Penanjakan 1 oleh padatnya pengunjung yang mengeksplor Bromo untuk berburu sunrise. Penamaan Seruni sendiri diambil dari lokasi tempat keberadaan spot tersebut, yakni di dusun Seruni, Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Sama halnya dengan Penanjakan 1, hamparan lautan pasir " The Sea of Land" adalah suguhan panorama Bromo yang banyak diburu pengunjung.

Julukan Tembok Besar ala Bromo yang dibangun di atas pilar Tugu Brawijaya ini bukanlah tanpa alasan. Julukan ini adalah perlambang kejayaan Majapahit beberapa waktu silam. Seruni point ini juga kerap digunakan untuk para pemburu milky way. Lokasi Seruni Point yang banyak diincar para penjelajah Bromo adalah kawasan puncak Seruni, dimana untuk mencapainya harus melalui perjuangan dengan meniti 256 buah anak tangga. Lelah meniti anak tangga, Anda bisa beristirahat sejenak di area bordes yang tersedia dalam 7 titik.

Sembari beristirahat, nikmatilah sejuk dan dinginnya hawa Bromo. Fasilitas yang dapat Anda temukan di Seruni Point antara lain warung makan, mushola, toilet, toko souvenir seperti syal, sarung tangan, dan kupluk, dan sewa kuda. Hanya saja pengelola Seruni Point tidak membuka kawasan khusus untuk berkemping.

Bukit Cinta (Love Hill/Penanjakan 3)

Menurut cerita yang beredar di masyarakat setempat, Bukit Cinta diyakini sebagai tempat pertemuan Roro Anteng dan Joko Seger. Bukit ini berada di lereng Gunung Pananjakan dan sejajar dengan spot sunrise yang lain di Puncak Penanjakan. Lokasi Bukit Cinta ini berada di ketinggian 2.680 mdpl dan masuk wilayah Wonokitri Pasuruan.

Tempat ini dijadikan alternatif berburu sunrise jika Penanjakan 1 dan 2 telah dipadati pengunjung. Spot utama yang paling menonjol di area Bukit Cinta adalah Gunung Batok dengan background kawah Bromo.

Fasilitas di spot ini juga cukup lengkap. Ada Toilet, Kedai makanan dan minuman hangat, persewaan jaket, selimut dan tikar. Juga ada toko souvenir yang menyediakan syal, kupluk dan sarung tangan. Di Bukit Cinta ini juga tersedia camping ground yang mempunyai kapasitas 8 sampai 10 tenda. Namun saat high season, weekend dan hari libur nasional, lokasi tenda ini disarankan tidak digunakan.

Bukit Kingkong

Sunsrise Point Bukit Kedaluh atau yang lebih dikenal sebagai Bukit Kingkong atau Kingkong Hill adaah salah satu alternatif spot sunrise point di Gunung Bromo.

Terletak di ketinggian 2.600 mdpl, diantara Pananjakan 1 dan Pananjakan 2. Lokasinya di Cemoro Lawang, Ngadisari, Sukapura Probolinggo. Meskipun ketinggiannya lebih rendah, namun spot sunrise point ini salah satu yang paling dekat dengan kawah Bromo. Pemandangan sunrise Bromo masih terlihat jelass.

Bukit Kingkong mempunyai pagar pengaman setinggi dada orang dewasa. Enaknya lagi, lokasi pandang bukit ini tidak jauh dari jalan utama dan mempunyai camping ground. Selain camping ground, tersedia juga kios penjual makanan dan minuman panas, persewaan jaket dan selimut, kios souvenir dan toilet.

Pos Dingklik

Masih mencari tempat yang menyuguhkan sunrise Bromo? Jeep wisata Gunung Bromo siap mengantarkan Anda ke Pos Dingklik.

Meski areanya tak seluas Penanjakan 1, justru sunrise Bromo bisa Anda nikmati lebih leluasa dari Pos Dingklik. Selain menawarkan sunrise, rute Pos Dingklik tergolong mudah diakses. Lokasinya pun tidak jauh dari pintu masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

jeep wisata untuk ke pasir berbisikPasir Berbisik Salah satu spot tujuan jeep wisata Bromo adalah pasir berbisik, hamparan pasir yang ada di kaldera Gunung Bromo ini mempunyai keeksotisan tersendiri

2# Dataran Lautan Pasir Berbisik Bromo

Disebut sebagai lautan pasir karena terbentuk dari abu bekas letusan kedua gunung yang saling berhimpitan, sehingga materi vulkanik terlempar ke Tenggara membentuk lembah besar dan khaldera. Berkunjung ke Bromo kurang lengkap sebelum berkunjung ke Pasir Berbisik.

Dengan jeep wisata Gunung Bromo, Anda akan diantar mengeksplor hamparan pasir berwarna kehitaman yang menjadi favorit para wisatawan. Kawasan yang menjadi salah satu deretan wisata populer Bromo ini berada di ketinggian 2.000 mdpl. Saat Anda berada di kawasan kaldera raksasa Bromo, maka sebenarnya Anda tengah berada di area Pegunungan Tengger.

Nama Pasir Berbisik yang diberikan disebabkan karena saat angin bertiup kencang, maka deru angin seakan membawa butiran-butiran pasir bagaikan syahdunya bisikan-bisikan yang mengisyaratkan keindahan Gunung Bromo. Saat di kawasan Pasir Berbisik, Anda seolah berada di area padang pasir karena tidak banyak dijumpai vegetasi tumbuhan dan pepohonan.

Sejauh mata memandang, Anda hanya disuguhkan pemandangan hamparan pasir. Mengeksplor kawasan ini dengan menggunakan jeep tentu lebih mengasyikkan. Jika menghendaki kesan lebih eksotik dan leluasa menikmati panorama Bromo, Anda bisa menyewa kuda. Ikon utama Pasir Berbisik terletak pada tebing yang berdiri kokoh seolah menjadi dinding pelindung yang mengitari area lautan berpasir dengan ketinggian antara 200-600 meter dan kemiringan antara 60-80 derajat.

Savana Bromo dan Bukit Teletubbies menghadirkan pemandangan yang menyejukkan
Savana Bromo Pemandangan hijau dan menyegarkan sepanjang Savana Bromo dan Bukit Teletubbies

3# Savana Bromo & Bukit Teletubbies

Alternatif sunrise Gunung Bromo selain Penanjakan adalah Bukit Teletubbies. Bukit Teletubbies di savana Bromo berupa hamparan padang rumput hijau dan deretan bukit-bukit indah seolah menyelimuti Bukit Teletubbies itu sendiri. Jajaran bukit ini terlihat indah sekali.

Bagi para pecinta fotografi, padang savana yang tampak dari atas bukit merupakan view yang menakjubkan sehingga sayang untuk dilewatkan. Bahkan, tidak salah jika beberapa orang menjadikan bukit ini sebagai latar foto pre wedding.

Perjalanan menuju savana Bukit Teletubbies cukup ekstrim. Anda akan melewati jalanan sempit, menanjak dan berliku namun menyenangkan. Jeep wisata Gunung Bromo siap menemani perjalanan Anda melintasi hutan dan perkebunan sayuran menuju Bukit Teletubbies.

kawah gunung bromo
Kawah Bromo Kawah Bromo menghadirkan kemegahan gunung berapi aktif dari dekat

 

4# Kawah Gunung Bromo

Spot panorama Kawah Bromo adalah spot wajib yang didatangi jeep wisata Bromo. Sebagai ikon utama Gunung Bromo, Kawah Bromo menyajikan pemandangan dan pengalaman yang luar biasa. Kawah Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Kawah Bromo mempunyai luasan dengan garis tengah sekitar lebih kurang 800 meter (utara-selatan) dan 600 meter (utara-selatan).

Mudahnya lagi, untuk mendaki kawah Bromo ini sudah disediakan tangga dari kaki kawah Gunung Bromo. Jarak antara parkiran jeep wisata bromo ke anak tangga ini sekitar 1,4 kilometer yang bisa ditempuh dengan jalan kaki atau naik kuda.

Fasilitas di spot Kawah Bromo ini adalah warung makanan dan minuman yang terletak di parkiran jeep. Makanan berat bisa ditemukan di warung-warung ini, mulai nasi rawon, bakso, mie dan lain-lain. Juga tersedia fasilitas toilet.

Jeep wisata merupakan akomodasi yang tepat dan dapat diandalkan mencapai tempat-tempat spot foto dan spot sunrise di Gunung Bromo. Satu hal yang pasti, sewa jeep yang tersedia di kawasan Bromo adalah terpercaya.

Masing-masing penyedia jasa sewa menawarkan harga sewa sesuai dengan tempat awal mulai naik jeep dan jumlah spot yang akan Anda kunjungi di area Gunung Bromo. Paket standar jeep wisata bromo adalah empat spot yang akan didatangi. Meski tanpa layanan paket tour travel, harga sewa jeep wisata Gunung Bromo terbilang cukup kompetitif dan murah.

Peta Lokasi Bromo


map widget for website

Gallery Photo Spot Panorama Gunung Bromo

Spot Panorama Gunung Bromo