pasir berbisik bromo

Pasir Berbisik Bromo merupakan salah satu bagian unik yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Lokasi ini berupa padang pasir yang terletak pada ketinggian lebih dari 2000 mdpl. Sebenarnya, bagian padang pasir tersebut merupakan bagian dari sebuah kaldera raksasa, lho. Kaldera dari pegunungan Tengger kuno yang sekarang ini sudah jadi padang pasir di ketinggian.

Bromo memang menyimpan begitu banyak pesona alam yang memukau. Tiap-tiap titik di gunung tersebut selalu punya daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Sebut saja Padang Savana Bromo, Bukit Teletubbies, Sunrise Point, Kawah Gunung Bromo, dan Pasir Berbisik ini. Untuk Anda yang sudah pernah berkunjung ke Bromo, sudah tentu tidak asing lagi dengan spot wisata Pasir Berbisik satu ini. Destinasi wisata ini mempunyai keunikan dan daya tarik tersendiri.

Pasir berbisik ini dulu lebih dikenal dengan lautan pasir atau segara wedi oleh penduduk lokal. Namun seiring waktu dan momen lokasi syuting film, dan akhirnya filmnya booming pada tahun 2001 silam.

paket sewa jeep wisata gunung bromo

Asal-usul Nama Pasir Berbisik Bromo

Terkait sejarah dan asal-usul pemberian nama Pasir Berbisik ini bukan karena pasirnya yang dapat berbisik. Akan tetapi, karena adanya hembusan angin yang menerpa area berpasir tersebut sehingga sayup-sayup terdengar seolah orang yang tengah berbisik. Adanya fenomena tersebut juga mengilhami terciptanya sebuah film dengan menjadikan area Pasir Berbisik sebagai lokasi syuting. Film itu populer di tahun 2000an.

Film ini dibintang oleh Christine Hakim, Slamet Rahardjo dan Dian Sastro Wardoyo. Nama-nama besar di dunia film Indonesia. Film Pasir Berbisik ini pertama kali dirilis pada 13 November 2001. Berkisah tentang gadis muda yang tinggal bersama ibunya di suatu perkampungan miskin dekat pantai. Daya yang ditinggal ayahnya sejak kecil, membuat ibunya menjadi protektif dalam menjaganya. Semua pengambilan gambarnya di lautan pasir Bromo. Mereka selama itu tinggal di Bromo.

Dian Sastro Wardoyo saat mengenang ke Bromo: "This place has shaped who I am and maybe even the actor that I am today." Di Gunung Bromo Dian Sastro mulai memahami betapa kecil dirinya di mata alam. Tebing-tebing tinggi membuat manusia harus mematuhi kekuatan alam serta berbagai perubahan cuaca yang mudah terjadi. Kabut datang dan pergi hanya dalam beberapa menit bahkan detik. Suhu udara di Bromo itu pun berubah ke kondisi yang sangat tidak terduga menurutnya.

Ternyata adanya film tersebut juga berdampak baik untuk popularitas Bromo. Sehingga wisata Bromo menjadi lebih terkenal serta populer di seluruh wilayah Indonesia bahkan sampai ke luar negeri. Hal tersebut terbukti dari banyaknya pelancong yang rela datang dari jauh serta dari berbagai penjuru, baik lokal maupun mancanegara demi menikmati keindahan dan keajaiban pesona alam Bromo. Lokasi Destinasi Wisata Pasir Berbisik.

Tujuan wisata Pasir Berbisik Bromo ini masih berada di dalam kawasan Taman Nasional Tengger Semeru, Provinsi Jawa Timur. Lebih tepatnya, objek wisata ini berada di sekeliling kawah Gunung Bromo.

Area yang menyerupai padang pasirnya Timur Tengah ini menjadi salah satu keunikan tersendiri dari Gunung Bromo. Sehingga, padang pasir khas Gunung Bromo ini jadi salah satu tujuan wisata yang harus Anda datangi jika melakukan pendakian ke Bromo. Sebenarnya, Pasir Berbisik ini masih dalam satu kawasan dengan Gunung Bromo. Sehingga memang lokasinya berada di empat kabupaten. Namun secara administratif. Pasir Berbisik ini masuk wilayah Ngadas dan Sukapura.

Untuk menuju Pasir Berbisik ini bisa melalui berbagai pintu masuk Bromo, paling mudah menggunakan jeep Bromo, karena medannya yang lumayan berat. Jika mau trekking juga bisa.

Kaldera Bromo

Pasir Berbisik adalah bagian dari komplek vulkanik Tengger, diperkirakan mengalami aktivitas yang luar biasa besar sekitar 820.000 tahun lampau.

Ahli Geologi (Alm.) Rovicky Dwi Putrohari, menuturkan komplek ini ada Kaldera Ngadisari yang berada pada ujung Timurlaut. Terbentuk sekitar 150.000 tahun yang lalu dan kini telah mengering karena diperkirakan airnya mengalir melalui Lembah Sapikerep. Lautan pasir atau Pasir Berbisik di ujung barat komplek Kaldera Tengger ini seluas 9 x 10 km menjadi fenomena tersendiri. Diperkirakan terbentuk secara bertahap selama Pleistosen akhir dan Holosen awal, atau sekitar 2 juta tahun lalu.

Keindahan dan Daya Tarik Pasir Berbisik Bromo

Menjadi lokasi yang viral karena sebuah film, objek wisata ini memang lokasi yang sangat tepat untuk Anda datangi. Di padang gurun Bromo ini, terdapat banyak sekali daya tarik yang ditonjolkan.

Hamparan Pasir Nan Indah

Sejauh mata memandang destinasi wisata gurun saharanya Gunung Bromo ini, maja hanya hamparan pasir luas yang dapat Anda saksikan. Pasir yang terdapat di area ini cukup luas, sehingga menjadi hamparan yang indah dan sangat memukau. Anda tak akan merasa bosan melihat keindahan hamparan pasir di objek wisata Pasir Berbisik ini.

Suara Bisikan Angin

Tak heran, ya, mengapa area wisata tersebut diberi nama 'Pasir Berbisik'. Ya, hal itu lantaran suara angin yang terdapat di area ini sangat lirih dan seakan senantiasa berbisik di sekitar orang yang mendatanginya. Suara angin tersebut menjadi daya tarik tersendiri di Pasir Berbisik Bromo ini.

Pasirnya yang Lembut

Destinasi wisata yang terletak di ujung timur Gunung Bromo ini mempunyai pasir yang sangat halus dan juga lembut, lho. Bagi Anda yang gemar bermain-main dengan pasir dapat menjajal untuk memegang hamparan pasir yang ada di gurun saharanya Bromo ini. Lautan pasir yang berada di Gunung Bromo tersebut ternyata punya legenda yang sangat unik, lho! Konon ada seorang perempuan yang sangat suka berkeliaran di area gurun pasir itu. Perempuan itu sangat suka mengatakan beberapa patah kata, lalu mendengarkan tanah seakan-akan tanah serta pasir yang tengah ia lalu tersebut berkata dan berbisik padanya.

Berkeliling Mengendarai Jeep

Pasir Berbisik Bromo yang landai ini menjadikannya sangat gampang untuk dilewati kendaraan jeep. Kendaraan dengan memakai empat gardan ini bisa melaju berkecepatan tinggi di atas pasir lembut Gunung Bromo tersebut. Terdapat banyak pilihan jeep yang dapat Anda sewa di tempat ini. Anda dapat merasakan sensasi seru berkendara dengan jeep mengelilingi lautan pasir ini. Selain itu, Anda pun dapat memakai jeep tersebut sebagai pajangan atau properti untuk berswafoto instagramable di kawasan Pasir Berbisik. Para driver jeep wisata Bromo ini juga bisa dimintai tolong untuk mengambil foto kita. Rata-rata mereka sudah tahu angle terbaik untuk kita.

Mengendarai Motor Trail untuk Memacu Adrenalin

Selain jeep, sejumlah warga setempat juga menyewakan motor trail yang dapat Anda sewa untuk jalan-jalan serta memacu adrenalin di atas hamparan Pasir Berbisik Bromo tersebut dengan kecepatan tinggi. Trail juga bisa disewa dari Malang. Aktivitas seru ini cocok untuk Anda yang suka tantangan dan petualangan.

Ketika Anda memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, maka Anda bakal memperoleh pemandangan nan indah di sekitar Gunung Bromo. Kegiatan ini menjadi semakin seru saat Anda dan teman-teman saling beradu kecepatan di atas gurun pasir. Tapi ingat, hati-hati. Pasir itu sering membuat ban selip.

Berkuda

Menunggang kuda juga dapat menjadi alternatif untuk Anda yang tak ingin merasa lelah, namun hendak mengelilingi Pasir Berbisik Bromo ini. Di sekitar area tersebut banyak warga yang menawarkan persewaan kuda untuk para wisatawan yang datang ke kawasan Bromo. Anda dapat merasakan sensasi berkendara di atas kuda sembari menjelajah gurun pasir. Kuda sewaan sudah jinak serta terawat dengan baik, sehingga Anda dapat menggantinya dengan aman. Ada pula pawang kuda yang siap untuk menemani Anda mengelilingi Pasir Berbisik. Hunting Foto dan Prewedding.

Kurang lengkap rasanya apabila berkunjung ke Gurun Saharanya Bromo ini tanpa mengambil foto. Terdapat banyak sekali spot foto di area Pasir Berbisik ini yang dapat Anda bidik demi mengabadikan momen terindah.

Selain itu indahnya hamparan pasir yang ada di kawasan wisata ini menjadikan pasangan yang ingin mengabadikan momen indahnya di Pasir Berbisik Bromo. Lokasi ini kerap sekali jadi spot foto untuk pre wedding.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk di objek wisata ini terbilang murah, tiket masuknya adalah tiket masuk kawasan wisata Bromo. Berikut ini rincian harganya.

  1. Tiket masuk wisatawan lokal weekdays Rp 29.000 
  2.  Tiket masuk wisatawan lokasi weekend Rp 34.000 
  3.  Tiket masuk wisatawan asing weekday Rp 220.000 
  4.  Tiket masuk wisatawan asing weekend Rp 320.000

Harga yang tertera itu sewaktu-waktu dapat berubah, tergantung pihak pengelola wisatanya. Nah, untuk jam operasional di Pasir Berbisik Bromo ini terbuka 24 jam untuk umum tiap harinya. Sehingga tak ada batasan waktu khusus untuk pengunjung. Tetapi biasanya lokasi ini mulai ramai dikunjungi wisatawan selepas pukul 06.00 WIB, tepat sesudah melihat momen Golden Sunrise Bromo.

Fasilitas Umum

Di kawasan Pasir Berbisik Bromo ini tersedia sejumlah fasilitas umum seperti kamar mandi, penjaja makanan dan minuman hangat misal cilok, bakso, kopi, dan sebagainya. Anda pula penjual oleh-oleh seperti cinderamata dan kaos yang membuka lapaknya dengan cara menggelar tikar di wilayah tertentu. Sehingga Anda tak perlu khawatir apabila hendak berkunjung ke sini, sebab tersedia fasilitas mumpuni yang bisa Anda pergunakan.